Kegiatan Panen, Komunitas “Depok Berkebun” di RT 01 RW 06 Sektor Azalea

Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Depok mengapresiasi panen raya sawi dakota di Cluster Azalea, Grand Depok City (GDC), Cilodong. Dia berharap, kegiatan ini bisa terus berlanjut sehingga bisa memberikan peluang usaha bagi warga setempat.

“Alhamdulillah, inisiatif ini merupakan bentuk kepedulian warga terhadap lingkungan. Selain membuat tempat tinggal menjadi asri dan hijau, secara tidak langsung, berkebun juga memberikan peluang lahan usaha baru,” kata Elly Farida, di lokasi panen, Minggu (08/04/2018).

Menurutnya, gerakan berkebun ini juga mendidik warga, utamanya anak-anak terkait cara menanam yang benar. Dengan mengetahui prosesnya, diharapkan mereka lebih menghargai sayur atau buah yang diproduksi oleh para petani.

“Kegiatan berkebun bukan hanya milik para lansia atau bapak ibu saja. Tapi, anak- anak harus mulai diajak. Apalagi, kalau mereka nanti bisa mengedukasi temannya lagi, ini keren sekali,” katanya.

Sementara itu,, Puji, pegiat Depok Berkebun menuturkan, selain sawi, di tempat itu juga ditanam berbagai sayuran. Mulai dari tomat, cabai hijau, cabai rawit, dan daun stevia.

Menurut Puji, gerakan menanam ini awalnya merupakan kompetisi yang diadakan Indonesia Berkebun. Pihaknya, hanya melanjutkan program tersebut ke tingkat daerah dan melakukan pembekalan terhadap warga sejak empat bulan yang lalu.

“Panen perdana kali ini sukses menghasilkan 25 kg sawi dakota. Dari jumlah tersebut, ada yang diberikan kepada beberapa tamu kehormatan sebagai cenderamata, dijual dengan harga Rp 2500 per ons, sisanya dibagikan kepada warga,” tutupnya.

Penulis: Pipin Nurullah
Editor: Dunih dan Rita Nurlita

Editor Video: Deni

Video: Nanang Kurniawan

Penanggung Jawab Video : Yulia Sohim

Diskominfo

Satu komentar pada “Kegiatan Panen, Komunitas “Depok Berkebun” di RT 01 RW 06 Sektor Azalea”

Tinggalkan komentar