Tersenyumlah, Gerak-Gerik Anda di Kawasan Azalea Terpantau CCTV

8 10 2016

img-20161008-wa0018Untuk meningkatkan keamanan di Sektor Azalea kini di Sektor Azalea dipasang kamera CCTV (Closed Circuit Television). Tentu saja ini cuma salah satu bentuk upaya peningkatan keamanan. Selebihnya kewaspadaan dari seluruh penghuni terhadap semua bentuk gangguan keamanan tetap diperlukan.

Pemasangan kamera CCTV ini dilakukan dengan cara swadaya, setelah dilakukan penilaian atas beberapa rekanan yang memasukkan penawaran tidak memenuhi kebutuhan di Sektor Azalea. Beberapa warga bahu-membahu dengan pengurus melakukan pembelian peralatan dan kamera serta melakukan pemasangan sendiri.

img-20161001-wa0010Pemasangan kamera dilakukan bertahap mulai tanggal 1 September 2016 lalu. Bahkan pembelian kamera dan peralatan dilakukan beberapa hari sebelumnya. Rencana akan dipasang kamera sebanyak 8 (delapan) buah.

Mengenai posisi pemasangan kamera seluruh pengurus kompak tidak memberi tahu. “Silahkan cari sendiri lokasi pemasangan kamera-kamera itu,” kata bambang Sujatmiko, komandan keamanan Sektor Azalea saat dikonfirmasi.

“Yang pasti di pos Satpam di gerbang masuk dipasang dua buah, untuk memantau siapa saja yang keluar masuk Sektor Azalea,” kata Nasbury, Ketua RW 06 diplomatis, saat ditanya lokasi pemasangan kamera.

img-20161008-wa0006Di depan pos Satpam juga dipasang tulisan: “Tersenyumlah. Anda terekam CCTV selama berada di Cluster Azalea.”

Kamera CCTV tidaklah menjamin keamanan 100%. CCTV hanyalah alat bantu untuk meningkatkan keamanan. Setidaknya siapapun yang keluar dan masuk Sektor Azalea akan terekam dan apabila kela terjadi sesuatu, maka rekaman bisa diputar ulang. Dari sisi teknologi sistem CCTV ini sudah cukup memadai. Ya paling tidak merepresentasikan teknologi CCTV terakhir.

img-20161001-wa0018Semua itu tentu saja untuk meningkatkan keamanan di Sektor Azalea. Setelah kinerja satpam dievaluasi dan diperbaiki, kemudian diterapkan penggunaan kartu bagi mobil dan motor yang masuk dan keluar Sektor Azalea, kini telah ditambah dengan pemasangan CCTV.

Semoga pemasangan CCTV ini bisa menambah tingkat keamanan Sektor Azalea. Meski demikian peran serta warga untuk tetap meningkatkan kewaspadaan masing-masing tetap diperlukan.

Sistem CCTV menggunakan sinyal yang bersifat tertutup, tidak seperti televisi biasa yang merupakan sinyal siaran.

Menilik sejarah penggunaan CCTV, penemu sistem CCTV adalah Walter Bruch. Sistem CCTV saat itu dirancang dan dipasang Peenemünde, Jerman untuk mengamati peluncuran roket VII. Televisi sirkuit tertutup pertama dipasang oleh Siemens AG di Uji stand VII.

Pada tahun 1960, pejabat di Inggris mulai memasang sistem CCTV Camera di tempat umum untuk memonitor orang banyak selama unjuk rasa dan penampilan tokoh masyarakat. Pemasangan kamera menjadi lebih populer, baik di ruang publik dan toko ritel, sebagai teknologi yang dikembangkan. Saat ini di Britania, Camera CCTV memonitor jalan, trotoar dan lapangan di pusat kota, stasiun kereta api dan bis umum, serta di toko-toko eceran dan usaha lainnya. Pada tahun 1996, pengeluaran pemerintah pada teknologi CCTV menyumbang tiga perempat anggaran pencegahan kejahatan di Inggris.

img-20160930-wa0015Di Amerika Serikat, sistem Camera CCTV pertama dipasang di gedung publik pada tahun 1969 di gedung Kota New York. Praktek penggunaan CCTV ini dengan cepat menyebar ke kota-kota lain dan segera dilaksanakan secara luas. Tidak seperti Inggris, CCTV Camera di ruang publik di Amerika Serikat jarang digunakan. Namun, pada 1970-an dan 80-an, penggunaan CCTV menjadi lebih umum pada perusahaan rentan terhadap ancaman keamanan, seperti bank, toko serba ada, dan pompa bensin. Keamanan kamera dipasang di World Trade Center sebagai pencegahan setelah serangan teroris di tahun 1993. Dengan itu, ATM pertengahan 90-an di seluruh negara itu umumnya dilengkapi dengan kamera Camera CCTV. Di toko ritel, CCTV Camera banyak digunakan untuk mencegah pencurian.

Pemasangan bronjong di RT 03
Sementara itu lereng sungai di RT 03, tepatnya di depan blok W4 yang longsor tergerus air saat banjir akhir Agustus 2016 lalu minggu pertama September 2016 juga sudah dipasang bronjong. Pemasangan bronjong ini dilakukan atas bantuan Pemerintah Kota Depok. Pemasangan bronjong ini cukup mendesak, karena mengancam jalan di blok W4 tersebut.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: