Mulai Berjalan Program Pemilahan Sampah di Azalea

26 01 2016

IMG-20160126-WA0004Upaya sosialisasi kepada para pihak ternyata menjadi kunci keberhasilan inisiasi suatu program. Setidaknya inilah pelajaran kecil yang bisa kita ambil dari program pemilahan sampah di Azalea.

Di saat bersamaan ada penolakan dan penghentian pembangunan unit pengolahan sampah (UPS) karena berdekatan dengan salah satu kluster di Grand Depok City. Penolakan hanya disebabkan karena Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Depok dinilai belum melakukan sosialisasi.

IMG-20160126-WA0003Dua kasus ini menarik untuk ditarik benang merahnya untuk pembelajaran.

Di Azalea sendiri, Ahad lalu 24 Januari 2016 lalu RW 06 telah melakukan sosialisasi lanjutan kepada ibu-ibu warga RT 02. Kebetulan wilayah RT 02 memang menjadi percontohan kali ini.

Siang harinya sudah ada beberapa titik ember untuk pengumpulan sampah organik dari warga di masing-masing rumah. Sampah yang telah dipilah-pilah dan didapat sampah organiknya kemudian dimasukkan diember dibeberapa titik pengumpulan yang telah dipersiapkan tersebut.

IMG-20160125-WA0003Sedangkan sampak anorganik untuk sementara dibuang seperti biasa dan mau diambil oleh pengambil sampah seperti biasanya atau dijual ke bank sampah terdekat.

Program pertama pengurus RW 06 itu rupanya cukup mendapat sambutan warga. Warga telah melakukan pemilahan sampah. Hari ini Rabu 26 Januari 2016 Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Depok telah melakukan pengangkutan perdana sampah organik dari Azalea. Disaksikan Darso, wakil Ketua RW 06 mereka telah mengangkut dari kurang lebih 4 titik pengumpulan.

IMG-20160125-WA0004Pengambilan sampah organik hari ini menjadi sebuah harapan. Bahwa program pemilahan sampah akan berhasil kelak di Azalea. Tinggal bagaimana nanti pengurus RW tetap konsisten melaksanakan program ini dan mereplikasikannya ke RT 01 dan RT 03. Sehingga program ini akan berhasil dan menjadi program yang bermanfaat bagi seluruh warga RW 06.

Pada akhirnya program ini juga akan berkontribusi bagi pengelolaan sampah dan lingkungan Kota Depok.

Sumber foto: Darso


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: