RW 06 Aktif Dalam Musrembang Kelurahan Jatimulya

12 01 2015

IMG-20150110-WA0004Rukun Warga (RW 06) yang melingkupi Sektor Azalea terhitung cukup aktif dalam musyawarah perencanaan pembangunan (musrembang) tingkat kelurahan Jatimulya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pengurus RW dan RT hadir dalam perhelatan awal tahun kelurahan itu pada tanggal 10 Januari 2015 pagi. Dalam hal ini ketua RW 06, M Ramdhani hadir mewakili RW 06.

Musrembang adalah mekanisme pembahasan perencanaan pembangunan yang mencoba mengakomodasi peran serta warga masyarakat dalam proses pembangunan. Mekanisme ini memang sudah mulai diterapkan sejak era reformasi. Metodenya adalah berjenjang. Mulai dari musrembangdes di tingkat kelurahan atau desa, kemudian tingkat kecamatan, kabupaten dan musrembang nasional.

Semangatnya adalah membuka seluas-luasnya pelibatan masyarakat dalam proses pembangunan. Jadi ada proses mengalir dari bawah, tidak selalu top down seperti era sebelumnya.

IMG-20150110-WA0010Di kelurahan Jatimulya sendiri memang RW 06 cukup aktif. Selain ada hubungan baik antara pengurus organisasi warga di RW 06 dengan pihak kelurahan seperti lurah dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM). Asep Sobari sang ketua LPM sering melakukan kunjungan kerja ke wilayah RW 06.

Dari Turap ke Turap
20150109_124402Buah dari hubungan baik ini, banyak usulan pembangunan dari RW 06 yang disetujui. Bahkan beberapa tahun terakhir ini selalu ada proyek pembangunan yang jatuh ke wilayah RW 06. Meski proyek itu selalu turap.

Alhasil sudah hampir 500 meter tebing Sungai Kumpa yang memagari Sektor Azalea sudah berhasil diturap. Terakhir kira-kira November 2014 lalu turap terakhir dibangun di belakang masjid Nurul Jannah.

Pembangunan turap ini berkah yang sangat bermanfaat buat warga Azalea. Karena turap ini bisa mengatasi bencana ambles akibat banjir Sungai Kumpa yang terjadi saat malam lebaran beberapa tahun lalu.

Tahun 2015 proyek pembangunan di Azalea pun tak jauh dari turap. Dalam dokumen musrembang tersebut tercantum ada proyek turap Sungai Kumpa di RW 06. Besar anggarannya adalah Rp 100.000.000.

Proyek serba turap ini sekali lagi cukup berguna bagi warga. Karena dinding kompleks Sektor Azalea yang berbatasan dengan sungai ini cukup banyak yang longsor tergerus air. Ini adalah bencana…


Aksi

Information

One response

12 01 2015
aji W8/24

Sippp terima kasih pa RW dan jajaran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: