Posyandu Roma, Bertabur Juara di Ultah ke-2

26 02 2009
cimg3177_resize

Kader posyandu berfoto bersama

Setelah berhasil melakukan upaya transparansi soal informasi dan keuangan beberapa saat lalu, posyandu Roma kini berhasil menyelenggarakan perayaan ulang tahun kedua. Meski tanggal ulang tahunnya adalah tanggal 18 Februari, namun perayaannya digelar tanggal 21 Februari 2009.

Selain menyelenggarakan penimbangan balita dan pemberian makanan

bazaar

tambahan (PMT) secara rutin, acara istimewa ini juga disertai dengan pemberian vitamin A gratis bagi balita dan pemberian souvenir.  Acara ini dibungkus dengan label open house Posyandu Roma. Selain itu juga ada bazaar buku murah dan alat-alat tulis serta alat-alat sekolah. Bazar digelar di jalan sebelah timur gedung posyandu Roma, selama satu hari.

Posyandu Roma diresmikan oleh Lurah Jatimulya hari Minggu 18 Februari 2007. Pada awalnya rencana kegiatan pelayanan posyandu dilaksanakan tiap bulan dan melayani konsultasi dengan bidan serta pelayanan imunisasi bayi berupa: BCG, DPT, Folio, campak dan Hepatitis B. Namun untuk kegiatan konsultasi bidan dan imunisasi sulit dilaksanakan. Kendala ada di tiadanya bidan atau petugas kesehatan dari puskesmas pembina yang datang di setiap kegiatan pelayanan posyandu.

Kita harus mengakui secara jujur bahwa keberadaan posyandu Roma selama 2 tahun ini telah banyak berjasa dalam meningkatkan taraf gizi balita yang tinggal di sektor Azalea. Paling tidak dalam aspek tersebut. Karena meskipun jarang posyandu Roma/ Azalea juga pernah mendatangkan dokter gigi. Meski tidak gratis, pada 14 Juni 2008 posyandu Roma mendatangkan dokter gigi untuk memeriksa serta konsultasi seputar masalah gigi anak usia 1 tahun sampai dengan 12 tahun. Saat itu, dengan membayar Rp 15.000,- per anak selain pemeriksaan gigi juga mendapat 1 botol vitamin Kalmuvit B12, serta dihibur oleh pesulap.

Barangkali kita bertanya-tanya apa sebenarnya peran posyandu. Pengertian umum posyandu sebenarnya adalah suatu wadah komunikasi alih teknologi dalam pelayanan kesehatan masyarakat dan Keluarga Berencana dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat dengan dukungan pelayanan serta pembinaan teknis dari petugas kesehatan dan keluarga berencana

Tujuan penyelenggaraan posyandu antara lain adalah: menurunkan Angka Kematian Bayi (AKB), Angka Kematian Ibu (ibu Hamil, melahirkan dan nifas), membudayakan NKKBS, meningkatkan peran serta dan kemampuan masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan KB Berta kegiatan lainnya yang menunjang untuk tercapainya masyarakat sehat sejahtera, serta berfungsi sebagai Wahana Gerakan Reproduksi Keluarga Sejahtera, Gerakan Ketahanan Keluarga dan Gerakan Ekonomi Keluarga Sejahtera.

Bertepatan dengan ulang tahun kedua, posyandu Roma kini sedang dapat kado bertubi-tubi. Diantaranya adalah pada hari Minggu 21 Februari balita binaan posyandu Roma mengikuti lomba balita yang disponsori oleh susu Frisian Flag bertempat di tempat praktek bidan Murtafiah (bidan Pukesmas Jatimulya). Hasil dari lomba tersebut adalah: kategori Balita Sehat Usia 2-3 Tahun a/n ar.Rasyid Cartenzia Juara Ke-2. Kategori Balita Sehat Usia 4-5 Tahun A/n Zafira Nabih Izzati Juara ke-2. Kategori Lomba makan bubur kacang hijau A/n Ar.Rasyid C Juara ke-3

Sebelumnya posyandu Roma juga sudah sering mendapatkan juara. Misalnya tahun 2008 lalu mendapat Juara Tiga Terbaik untuk pelayanan Posyandu yang prima yang dibina oleh Puskesmas Kalimulya dan kelurahan Jatimulya. Sebelumnya dalam rangka menyambut hari Proklamasi Kemerdekaan RI 2007 pernah menyabet Juara Harapan II kader posyandu teraktif (an. Ririn Nooraini).

Saat ini posyandu Roma sudah memiliki gedung sendiri meski sederhana. Dana pembangunannya berasal dari bantuan Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan (P2KP) serta dari swadaya warga RW 06 Kelurahan Jatimulya. Diresmikan penggunaannya pada tanggal 20 Mei 2008. Waktu itu dihadiri oleh Kepala Puskesmas Kalimulya, Bidan Puskesmas Kalimulya, PMKS, Staf Kesra Kelurahan Jatimulya, Ketua LPM Jatimulya, Kepala Sospol Jatimulya, Babinsa Kelurahan Jatimulya, Babin Kamtibmas Kelurahan Jatimulya, BKM Usaha Bersama  & KSM (Team P2KP Kelurahan Jatimulya), Ketua RW 01 s/d RW 05 Kelurahan Jatimulya, Pengurus RW 06, Pengurus RT 01 s/d 03, serta Seluruh Warga Sektor Azalea (Roma). Setiap kali ada pelayanan rutin tidak kurang 60  bayi & balita datang ke posyandu untuk menerima pelayanan posyandu Roma.  Saat ini posyandu Roma memiliki kurang lebih 14 kader yang terdiri dari ibu-ibu warga RW 06.

Posyandu Roma, kini sedang bertabur juara. Selanjutnya akan bertabur prestasi lebih banyak lagi, lagi dan lagi…mau, mau, mau?

foto: Ulang Tahun Posyandu ke-2 | 44 foto


Aksi

Information

3 responses

26 02 2009
SUR

Liputannya cermat…padat…lengkap… so… mantap…mantap…mantap…😆

26 02 2009
joel_212

benar pak sur…liputan nya lengakap, rupanya di azalea ada wartawan lokalnya ..he…he….

27 02 2009
santosa

Foto2nya juga lengkap… Di Roma gak cuman Bapak2nya, tapi juga Ibu2nya kompak2…! maturnuwun..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: