17-an di Azalea; Khidmad, Bersahaja dan Partisipatif

27 08 2008

Malam puncak peringatan HUT Kemerdekaan RI di Sektor Azalea sukses diselenggarakan 23 Agustus 2008 di lapangan badminton RW 06. Di bawah malam dengan langit berawan, acara berlangsung khidmad dan partisipatif.

Dihadiri ratusan warga RW 06, acara dibuka dengan laporan dari panitia, dimana yang kebetulan mendapat giliran adalah RT 01. “Hampir delapan puluh lima persen warga RW 06 ikut serta dalam memeriahkan 17-an kali ini,” ujar Fandi, ketua panitia. Kemudian, ketua RW 06, Jul Tjahja memberikan sambutan. “Saya dari awal minta panitia, agar membiarkan keramaian anak-anak dalam acara puncak ini. Ini adalah bentuk partisipasi warga. Yang penting tidak mengurangi kekhidmatan kita”, kata Jul Tjahja bijaksana.

Untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur, H Munir, sesepuh sekaligus penasehat RW 06 memimpin prosesi mengheningkan cipta. “Sebagai upaya kita untuk menghormati jasa para pahlawan, mari kita mengheningkan cipta sejenak”, ajak H Munir, yang diikuti dengan diperdegarkannya lagu mengehingkan cipta dari cakram CD.

Sembari menikmati hidangan makan malam, makanan ringan dan minuman, warga duduk lesehan. Mereka mengikuti acara dengan seksama. Panggung cukup sederhana. Di latar belakang dipasang layar lebar untuk menampilkan wajah blog ini (https://sektorazalea.wordpress.com) secara online dan suasana jalannya acara secara realtime dari mini kamera. Di acara ini juga diumumkan juara perlombaan untuk menyambut 17-an. Perlombaan terdiri atas lomba menghias kado, memasak, sepeda hias anak-anak, lomba ketangkasan anak-anak, bulutangkis, catur, remi, dan tenis meja. Juara umum pertandingan adalah RT 01. “RT 01 memenangkan tiga cabang pertandingan dari enam pertandingan yang digelar”, kata Gatot sang pembawa acara malam itu. “Bukan soal menang atau kalah dalam pertandingan ini. Tetapi semangat persatuan warga Sektor Azalea yang kita kedepankan”, lanjut Gatot.

Semangat warga untuk berpartisipasi dalam memperingati HUT RI memang layak diacungi jempol. Sudah lebih dari sebulan sebelumnya, berbagai persiapan dilakukan. Mulai dari lomba, pertandingan, memasang umbul-umbul, sampai persiapan malam puncak kali ini. Tanggal 17 Agustus 2008 sore puluhan anak-anak ikut lomba sepeda hias. Mereka pawai berkeliling kompleks sektor Azalea sambil mengekspresikan pemahaman mereka tentang kemerdekaan.

Acara puncak ini juga diisi dengan hiburan pementasan grup musik jalanan. Mereka melantunkan lagu-lagu perjuangan. Dengan peralatan musik akustik sederhana dan seadanya, mereka juga menyanyikan lagu-lagu kenangan tempo dulu.

Di luar pemberian penghargaan kepada para juara, pengurus RW 06 di acara peringatan 17-an tahun ini juga memberikan penghargaan kepada dua orang anggota tim sekuriti Sektor Azalea. “Bukan berarti yang lain tidak berprestasi, tetapi ini bentuk reward dan sekaligus untuk memacu yang lain lebih berprestasi lagi”, ujar Gatot, sang pembawa acara saat mempersilahkan penerima maju ke panggung. Mereka mendapat bingkisan yang langsung diserahkan ketua RW.

Panitia malam puncak 17-an Sektor Azalea kali ini cukup kreatif. Di tengah acara, mereka sempat membuat permainan dan kuis yang melibatkan warga yang hadir. Bagi yang dinilai kreatif dalam permainan dan kuis ini diberi hadiah dari sponsor, yaitu nomor perdana dan voucher dari Indosat serta souvenir dari Catalis, perusahaan butik yang membuka usaha di Sektor Azalea. Tak ketinggalan panitia juga membagikan doorprize dengan mengundi sobekan undangan yang dibagi ke rumah-rumah sebelum acara berlangsung.

Pukul 22.00 lewat acara berakhir dengan ditutup do’a. Namun acara tetap berlanjut secara informal dengan karaoke dan ramah-tamah sesama warga RW 06.


Aksi

Information

3 responses

27 08 2008
joel_212

selamat untuk panitia, acara secara umum sukes dan mewujudkan kebersamaan.

tahun depan kepanitiaan hut RI adalah RT 03.

gimana pak RT 03……..siap……..

27 08 2008
SUR

Blog https://sektorazalea.wordpress.com bisa tampil secara online difasilitasi oleh TelkomFlexi. Terima kasih pak eRWe atas pinjaman modem dan nomornya yang unlimited😀

28 08 2008
mohamad ramdhani

Siap Pa RW, kalau sk pa RW udah terucap kita mah siap aja dech, atas nama warga RT 03 kita siap menjadi tuan rumah 17an, nga kaya Indonesia yang nunggu 45 tahun untuk jadi tuan rumah Olimpiade kata pa Wapres lho ini…..Merdeka……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: