Simulasi Penanggulangan Kebakaran di Azalea

9 03 2010

Dindamkar Depok juga menyebar himbauan yang bergambar walikota Depok dan Kadinas Damkar HM Munir, yeng kebetulan berumah di Azalea

RW Siaga Sektor Azalea bersama-sama RW 06 menggelar simulasi penanggulangan kebakaran dan sosialisasi bahaya kebakaran. Acara ini terselenggara setelah RW 06 dan RW Siaga menggandeng Dinas Pemadam Kebakaran Kota Depok. Tak sekedar simulasi, sosialisasi, juga anak-anak diajak naik mobil pemadam kebakaran berkeliling memutari kompleks…wah

Hari Sabtu, 6 Maret 2010, sesuai rencana pukul 14.30 WIB acara dimulai. Acara dimulai dengan kegiatan sosialisasi dan simulasi bahaya ke bakaran di lingkungan perumahan. Dinas Pemadam Kebakaran Kota Depok turun dengan tim yang cukup lengkap. Untuk kegiatan simulasi mereka membawah serta alat-alat seperti 2 buah tong,  5 APAR (Alat Pemadam Api Ringan) yang berbetuk tabung. Juga membawa 2 unit mobil pemadam kebakaran.

Kegiatan ini diawali dengan hadirnya 1 unit mobil pemadam kebakaran yang mulai berkeliling wilayah Sektor Azalea. Kegiatan ini sangat atraktif, karena petugas memberi kesempatan anak-anak naik keatas mobil tersebut. Anak-anak terlihat antusias sekali. Sambil keliling anak-anak memanggil nama teman-temannya untuk bergabung naik ke mobil. Dengan sabar petugas
damkar pun menggendong anak-anak tersebut naik ke mobil.

Sosialisai dan simulasi dihadiri oleh warga dan satpam azalea, beberpa cluster/sektor tetangga seperti Alamanda dan Puri Insani mengirim satpamnya untuk ikut serta dalam kegiatan simulasi tersebut.

Acara ini juga dihadiri oleh lurah Jatimulya, Bapak Sumarna berserta istri, juga dr Indri dari Puskesmas Kalimulya sebagai penyuluh RW Siaga di Kelurahan Jatimulya.

Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

Satu persatu petugas damkar menjelaskan beberapa penyebab kejadian kebakaran. Contohnya antara lain bersumber dari kompor minyak atau gas, akibat sambungan pendek kelistrikan, dan lain sebagainya. Selain it juga dijelaskan bagaimana cara penanggulangan dini dari kebakaran. Dipraktekkan beberapa cara pemadaman api seperti menggunakan karung basah, APAR/ tabung juga dengan air. Tim damkar menjelaskan, yang terpenting apabila melihat awal terjadi kebakaran, seseorang harus “tenang” menghadapinya. Lakukan tindakan pencegahan apabila api masih kecil dan segera hubungi Mako damkar Kota Depok.

Pada saat simulasi, secara bergiliran semua yang hadir ambil bagian. Pertama Satpam kemudian warga yang hadir (baik bapak-bapak juga ibu-ibu), bahkan pak lurah dan istri sempat melakukan simulasi menggunakan APAR/ tabung dan karung basah.

Pukul 17.00 WIB acara usai…menyisakan pengalaman dan ilmu yang berarti dan bermanfaat untuk kita semua.

About these ads

Aksi

Information

3 responses

9 03 2010
Mohamad Ramdhani

Mantap……..

12 03 2010
Nurhadi

kata presiden rusia : “Muantavvvvvv…” :D

15 03 2010
joel_212

info : pada hari minggu tgl 14 maret , setelah senam bersama , secara simbolis telah diserah kan apar ( alat pemadam api ringan ) tabung 3 kg , kemasing – masing ketua rt / yng mewakili setipa rt dapat 1 tabung, untuk di siagakan di rumah ketua rt dan di pasang/digantung di depan rumah ketua rt , apabila terjadi kebakaran awal maka dapat digunakan di lingkungan.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: